Kamis, 22 Desember 2011

Hafalan Surat Kecil Qu

Di masa SD & SMP adalah momentum masa2 bersenang-senang ria. Di SD mmng boleh dikatakan Qu adalh sosok anak yg agak malas belajar dan suka sulit menerima pelajran materi di sekolah. Tp ada 1 kelebihan Qu yaitu rajin belajar membaca, biasanya setiap malam abis ba’da shalat maghrib mengaji lalu langsung baca dg suara nyaring qu,, khas supya Abi mndengar klw qu belajar meski dg baca saja. Qu pun jg sering hafal-hfalan surat pendek dr al-ikhlas, annas, dll. Masih dalam jajaran hafalan surat yg pendek-pendek saja.

Dari sering nya qu menghafal surat, tapi yang pendek-pendek, di saat itu Qu sudah lulus dr SD lalu Abi bilang dengan Qu & kaka, siapa yang bisa menghafal surat An-Naba mka Abi akan mmberikan hadiah. Hmm kata2 menarik dr sebuah hadiah yg terpacu besar sekali utk menghafalnya, tapi pas saya melihat isi suratnya, Qu langsung secara spontan mengatakan ke Abi, Abiiii bnyak banget suratnya kepanjangan ada tdk surat yg lain ajah gituh,,hehe… sambil adanya guyonan riang. Kata Abi tdk, harus surat An-Naba kalau mau hadiah,, hmm yasudh alhasil Qu mau ndak mau menuruti request Abi yaitu hafalan perdana surat An-Naba’. Dr hadiah itulah Qu menjadi semangat sekali untuk menghafal surat An-Naba’. Abi pun mmberi tau gmn caranya agar cepat menghafal? Yaitu beliau mengatakan di cicil satu hari satu surat, lalu saran Abi pun qu coba utk jalankan. Hari demi hari qu menghafal nya, begitupun jg dng ka2 yg bertanding jg dg Qu utk menghafal surat An-Naba’. Kata Abi siapa yg cepat duluan setoran itulah yang akan mendapatkan hadiah. Hari demi hari Abi selalu menanyakan, sudah berapa ayat yang telah dihafalkan, hmm,,, Qu mengtkn saja baru sedikit blm semua.

Meski lama kelamaan terasa berat untk menghafalnya, tp Qu yakin kalau Qu bs untuk menghafal semua ayat An-Naba. Kisaran 1 bulan lebih Qu membtuhkan hafalan surat tersebut, tetap lah Qu harus gigih utk mendptkan hadiah dr Abi,,hihihi..(maklum masih anak-anak). Alhamdulillah ayat demi ayat telah Qu lalui dg baik, akhirnya selesailah hafalan tersebut, Taukah ternyta Qu duluan yg hafal, tp ka2 jg sdh hafal sih.

Nah pas ba’da maghrib Qu & ka2 setoran hafalan kpd Abi, itu jg masih agak mandek mandek :D
Sampai diulang2 hingga 3 kali Qu hafalannya sampai lancar menurut Abi. Begitupun jg dg ka2 di tes hafalnnya. Akhirnya di nilai sama Abi siapa yang patut dapat hadiah,,, eeeehh hasilnya adalah Qu. Alhamdulillah. Mau taukah knp?? Karena ka2 Qu setoran hafalannya tidak complete. So Abi mmberikan hadiah itu pada Qu, subhanallah sungguh menyenangkan.

Dari hafalan perdana Abi, untk Qa & ka2. Qu banyak sekali ambil pelajran dari nya. Ternyata menghafal surat itu sangatlah penting untuk menambah bacaan ketika menjalankan shalat dan banyak manfaat lainnya.( http://pksaceh.net/manfaat-menghafal-al-qur%E2%80%99an-dunia-akhirat/) “Dari Abdullah bin Mas’ud dari Nabi Saw. Beliau berkata: Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya Al-Qur’an ini adalah hidangan Allah, barang siapa yang masuk di dalamnya maka ia akan aman. Dan barang siapa cinta kepada Al-Qur’an maka hendaklah iabergembira.”(At-tibyan fi adabi hamatil Qur’an Lin Nawawi. Hal.16)

Terimaksih Abi & Ummi yg telah mmberikn pengarahan utk menghafal sejak dini.
Smg Allah selalu mmberukan curahan rahmat NYA utk Ummi & Abi qu tercinta. Aamiin Allahumma Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar