Selasa, 13 April 2010

Jagalah Kesehatan Mata Anda

Apabila anda seorang pekerja keras terutama di belakang meja, di depan komputer yang biasanya memakan waktu berlama-lama tanpa terasa sudah 3 jam atau bahkan berjam-jam. Anda tergolong sangat produktif. Banyak tulisan yg anda buat atau pengetahuan dari membaca sambil browsing internet tersebut ,bukan? Setelah berlama-lama di depan komputer mungkin baru terasa capeknya setelah berakhirnya pekerjaan anda,. Lelah fisik sudah barang tentu mata anda juga. Tanpa terasa mata anda dikucek-kucek, enakkan? Ya pada kelelahan tersebut tanda klinisnya terasa mata pegel, tak enak bahkan gatal, lalu dikucek pasti terasa nikmat. Sekali-sekali boleh saja, tapi kalau sudah seringkali perlu dipertimbangkan, perlakukan mata anda dengan sebaik-baiknya.

Memang di jaman sekarang sdh bukan hal yang asing ,banyak orang bekerja didepan monitor sepanjang hari. Tidak ada kantor yg didalamnya tidak ada kom[puternya, meski komputer keluaran tahun awal-awal ada komputer alias computer jadul. Pada awalnya kita agak khawatir dg pengaruh komputer dapat mengganggu kesehatan tubuh terutama mata. Akan tetapi para ahli selalu mencari teroboson untuk menciptakan alat bantu yang semakin ramah dg kesehatan tubuh manusia .

Namun demikian, bekerja terlalu lama di depan layar monitor tetap saja dapat mempengaruhi kesehatan , seperti; mata lelah, ngeres, pegel, nyeri punggung , bahu dan leher,dll. Oleh karena itu perlu juga tahu bagaimana trik-trik cara mengatasi kelelahan dan ketegangan mata saat di depan layar monitor, sbb:

1. Bekerjalah di dalam ruangan yg cukup cahaya.
Perhatikan pencaharyaan di ruangan kerja anda. Jangan bekerja di ruangan yang terlalu terang shg menyilaukan mata, dan juga tidak terlalu gelap. Gunakan krey untuk mengatur cahaya yg masuk dari jemdela.

2. Gunakanlah filter monitor
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor

3. Periksalah monitor anda
Periksa apakah monitor anda masih dapat digunakan dg baik,adakah banyak ‘semut’nya? Bandingkan dengan monitor lain. Bila gambar tampak semakin buram dan berkedip-kedip sehingga tidak nyaman bagi mata anda, maka sdh waktunya memperbaiki atau mengganti monitoranda

4. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca
Bila anda harus bekerja dengan menyalin atau sambil membaca kertas kerja, maka letakkanlah kertas kerja anda agar berada pada jarak yg seimbang dengan monitor dan mata anda

5. Perhatikan posisi monitor
Letakkan layer monitor sedemikian rupa shg membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan mata anda

6. Bekerjalah dengan ‘font’ yg besar
Jika anda harus mengedit tulisan di depan computer. Pastikan huruf yg anda gunakan cukup besar.Jangan paksakan mata anda membaca huruf kecil pada monitor.

7. Periksa Kacamata atau lensa kontak anda
Jika anda meanggunakan kacamata atau lensa kontak dan anda harus bekerja lam,sep[anjang hari di depan layer monitor, ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter mata atau opktik anda agar anda bisa mendapatkan ukuran kacamata yang sesuai

8. Istirahatkan sejenak mata anda
Jika anda bekerja di depan layer monitor berjam-jam,maka usahakan berhenti setiap 1 jam selam 10-15 menit. Sambil berdiri dan bergerak sekalian ‘self massage’untuk relaksasi tubuh, bila dekat jendela lihatlah dengan pandangan jauh kearah hijaunya pohon-pohon di taman, baru kemudian segera kembali duduk bekerja dengan posisi semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar